Apa Itu Office Container: Mengenal Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Posted // ' . Aug. 1st 2023 . Category // Master Insights

Apa itu Container Depot? Industri pengiriman mewakili volume perdagangan terbesar, mencakup hampir 90% perdagangan global. Dengan triliunan dolar dalam industri transportasi maritim, barang dan komoditas sering tidak dapat diangkut secara longgar. Mereka harus diatur dengan cara tertentu yang melindungi mereka dari kerusakan dan gerakan alami kapal. Inilah tempat kontainer berperan. Berbeda dengan minyak, cairan, gas, atau biji-bijian, beberapa barang dikelompokkan pada palet dan kemudian disimpan dalam kontainer besar. Kapal kontainer berukuran sedang membawa sekitar 15.000-20.000 kontainer, masing-masing dengan kapasitas untuk menampung antara 30.000 dan 60.000 liter barang. Ini berarti volume perdagangan yang sangat besar per kapal.

Selain itu, berbeda dengan jenis kapal lainnya, kapal kontainer serbaguna dan dapat mengangkut berbagai barang, karena satu-satunya kendala adalah bahwa mereka harus muat di dalam kontainer. Faktor-faktor ini membuat kapal kontainer ideal untuk mengangkut barang dan komoditas. Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah di mana kontainer-kontainer ini akan disimpan ketika tidak berada di kapal. Mustahil untuk memiliki setiap kontainer digunakan pada titik waktu tertentu. Memuat dan membongkar barang bisa memakan waktu lama, memerlukan kontainer untuk disimpan di tempat yang aman dan dibiarkan sampai tugas berikutnya. Kebanyakan perusahaan tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan semua kontainer konsinyasi dan hanya dapat mengumpulkan barang di dalamnya.

Oleh karena itu, harus ada fasilitas pusat di mana kontainer-kontainer ini dapat disimpan selama dalam transit. Fasilitas ini dikenal sebagai depot kontainer atau halaman kontainer.

Apa itu Depo Container?

Depo Container adalah fasilitas di mana beberapa kontainer pengiriman disimpan atau ditahan dalam transit setelah dibongkar. Depot ini menyediakan lokasi tunggal di mana perusahaan pengiriman dan logistik dapat menyimpan kontainer mereka sampai saatnya untuk memuat ulang.

Salah satu kesalahpahaman umum adalah bahwa fasilitas penyimpanan untuk kontainer yang sepenuhnya dimuat juga merupakan depot. Namun, ini hanya penyimpanan sementara atau terminal, karena perusahaan pengiriman bertujuan untuk mentransfer barang ke penerima atau ke pelabuhan terdekat.

Setelah kontainer dibongkar, mereka diangkut kembali ke depot, di mana mereka didaftarkan oleh pejabat perusahaan. Depot umumnya terletak di dalam atau sekitar pelabuhan atau terminal, memungkinkan transfer kontainer yang cepat dan langsung antara lokasi yang berbeda.

Depo Container adalah fasilitas yang aman yang menyediakan layanan dasar yang penting bagi perusahaan kontainer pengiriman. Ini akan dibahas lebih detail nanti. Cukup dikatakan bahwa kontainer sering disimpan untuk jangka waktu yang lama, memerlukan perawatan dan inspeksi yang sering. Depot menyediakan lokasi tunggal dari mana layanan ini dapat dilakukan.

Selain Depo Container, ada juga pelabuhan dan terminal kontainer. Pelabuhan kontainer adalah pelabuhan yang terutama menangani pengiriman kontainer melalui operator. Shanghai dan Rotterdam adalah pelabuhan kontainer utama yang melihat miliaran dolar perdagangan setiap hari. Mereka sering menjadi entitas di dalam pelabuhan yang lebih besar tetapi berurusan secara khusus dengan barang.

Terminal kontainer, di sisi lain, adalah fasilitas di mana kontainer yang dimuat disimpan sebelum transshipment. Ini adalah istilah yang mengacu pada transfer antara berbagai mode transportasi. Misalnya, setelah dibongkar dari kapal, kontainer dapat ditransfer ke kapal lain, yang dikenal sebagai transshipment maritim. Atau, mereka dapat dimuat ke truk untuk diangkut melalui jalan atau rel, yang dikenal sebagai transshipment darat.

Terminal kontainer ini biasanya terletak di dalam pelabuhan, karena memungkinkan logistik yang lebih baik dalam hal transshipment. Depo Container, di sisi lain, tidak memiliki prasyarat seperti itu. Mereka terletak di dekat pelabuhan hanya untuk menerima manfaat yang datang dengan berada di dekat mereka. Mereka juga dapat dimiliki oleh pelabuhan dan terletak di dekatnya.

 

Fungsi dan Kegunaan Depo Container

Depo Container menyediakan berbagai layanan dan memastikan kelancaran aliran perdagangan antara negara dan pelabuhan yang berbeda. Salah satu masalah utama yang mereka selesaikan adalah penyimpanan kontainer kosong setelah dibongkar di gudang penerima.

Ideally, setiap perusahaan kontainer harus menyediakan fasilitas penyimpanan yang aman di mana mereka dapat melacak kontainer mereka di lokasi yang berbeda. Namun, ini menciptakan krisis besar di ruang di sekitar daerah pedalaman yang mengelilingi pelabuhan.

Oleh karena itu, gagasan lahir pada pertengahan abad ke-19, di mana pelabuhan atau entitas swasta lain menawarkan lokasi tunggal dengan tarif pembayaran nominal untuk penyimpanan kontainer.

Hampir semua perusahaan pengiriman besar di dunia, dari American Shipping Lines dan Maersk hingga Hapag-Lloyd, menyimpan kontainer mereka di fasilitas yang sangat aman.

Salah satu keuntungan memiliki depo ini adalah memungkinkan logistik yang mudah antara pelabuhan dan depo lainnya. Mereka berfungsi untuk menyelesaikan masalah kemacetan dan penyimpanan.

Misalnya, kapal rata-rata dapat memindahkan 20.000 kontainer dari Rotterdam di Eropa ke Shanghai di Timur Jauh. Ini menyebabkan kekurangan kontainer di Rotterdam, sementara ada kelebihan di Shanghai. Untuk menyeimbangkan ini, Rotterdam meminta kontainer dari depo terdekat.

Setelah dipasok, Rotterdam mencapai nilai dasar kontainer. Depo sekitarnya yang memasoknya kembali meminta kontainer dari depo terdekat mereka, dan siklus ini berlanjut sampai keseimbangan tercapai.

Akhirnya, pada akhir siklus, depo di pelabuhan Shanghai menyediakan kontainer kelebihannya ke depo tetangga, mengakhiri proses.

Situasi di mana ada kelebihan kontainer yang besar di satu lokasi tetapi krisis di tempat lain dikenal sebagai kemacetan pengiriman. Ini sering muncul dari perencanaan yang tidak tepat dalam fase logistik pengiriman.

Depo kontainer adalah bagian integral dari menyelesaikan krisis kemacetan yang sering muncul dalam industri pengiriman.

Fungsi penting lain dari depo dan halaman kontainer adalah layanan tambahan yang mereka sediakan.

Depo kontainer sering menawarkan berbagai layanan kepada klien mereka. Ini dalam bentuk pembersihan, perbaikan, pemeliharaan, perlindungan, fumigasi, transportasi, dll. Mereka menyediakan alternatif bagi perusahaan pengiriman individu yang harus memelihara dan menangani kontainer kosong mereka.

Sebagian besar depo memiliki fasilitas yang membersihkan dan memfumigasi kontainer secara teratur. Ini karena kemungkinan jamur atau organisme masuk dan berkembang biak di dalam kontainer sangat mungkin terjadi, terutama selama perjalanan yang panjang. Oleh karena itu, perawatan rutin harus dilakukan untuk menjaga kondisi kontainer.

Fungsi lain adalah memperbaiki kontainer yang rusak atau rusak. Jika pengikat longgar selama transportasi, barang di dalam dapat merusak kontainer. Ini dapat berkisar dari denting skala kecil hingga perbaikan besar-besaran.

Jadi, daripada harus mengangkut kontainer ke fasilitas perusahaan, kontainer dapat diperbaiki dengan biaya nominal di depo itu sendiri. Pemeliharaan adalah layanan penting lain yang disediakan oleh halaman kontainer.

Kontainer Reefer sering memerlukan pemeliharaan sistem pendingin yang teratur untuk mencegah risiko korsleting selama perjalanan. Bersama dengan semua layanan yang disediakan di halaman, mereka kadang-kadang menawarkan insentif seperti transportasi dan pengambilan gratis antara lokasi.

Misalnya, perusahaan sering menurunkan barang mereka menggunakan trailer yang mereka sewa. Namun, ketika halaman menyediakan pengambilan dari gudang, perusahaan pengiriman tidak perlu membayar layanan trailer tamb

Desain dan Layout Depo Container

Depo Container harus mematuhi tata letak standar yang meningkatkan keamanan sambil menyediakan ruang penyimpanan yang cukup. Tantangan utama yang dihadapi unit penyimpanan dan fasilitas serupa adalah penyediaan keamanan untuk unit besar, yang dapat sulit.

Pencurian mesin dari kontainer seperti unit reefer yang dikondisikan dingin adalah masalah besar. Selain itu, jika tidak diperiksa dengan benar, barang-barang ilegal dapat diperdagangkan melalui kontainer.

Sebagian besar depo memiliki batas besar dengan pintu masuk dan keluar yang dijaga sepanjang waktu. Beberapa depo memiliki fasilitas yang menguji jumlah jejak obat dan zat lain dalam kontainer kosong. Ini membantu pejabat menentukan dan menghentikan metode penyelundupan.

Di dalam batas, sebagian besar kontainer ditumpuk tinggi di udara menggunakan straddle carrier atau crane penyebar besar. Ini mampu mengangkat kontainer ke ketinggian yang besar dan menumpuknya sesuai kedatangan dan keberangkatan.

Beberapa halaman juga menumpuk kontainer pengiriman berdasarkan perusahaan yang mereka miliki. Dengan demikian, mungkin ada area terpisah untuk setiap perusahaan, dan lokasi dan ukuran area ini sering dialokasikan melalui penawaran.

Penataan kontainer sangat penting karena memengaruhi waktu penyelesaian antara permintaan dan pasokan. Misalnya, jika semua kontainer Twenty-Foot Equivalent Unit (TEU) berada di bagian bawah tumpukan, maka semua unit di atasnya harus dipindahkan. Ini adalah pemborosan waktu yang signifikan. Sebaliknya, upaya dilakukan untuk memiliki waktu penyelesaian terkecil yang mungkin dengan memastikan penumpukan yang efisien.

Akhirnya, kantor dan penyedia layanan lainnya umumnya menduduki pinggiran depo kontainer. Seluruh depo terhubung menggunakan jaringan jalan dan kereta api yang luas.

Fasilitas besar sering memiliki koneksi kereta api internal yang digunakan untuk mengangkut dan mengirimkan kontainer pengiriman. Beberapa galangan kapal juga memiliki kantor bea cukai yang mengawasi pengisian dan pembongkaran kontainer pengiriman, bersama dengan pemeriksaan rutin.

 

Sumber: https://master-container.co.id

There are currently no posts.